The First Time


Holaa guysss

Hari ini cukup special untuk Indonesia sendiri. Seharian ini berkali-kali liat postingan tentang peringatan hari ini. Gua jadi pengen nulis dua guru yang merubah dan membentuk gua pas awal-awal sampai menjadi gua saat ini.

Yang pertama ini adalah guru Bahasa Indonesia gua pas SMP. Namanya Bu Siti. Orangnya tuh tinggi, kerudungannya khas banget disekolah, gaada deh yg nyamain dia, dan yang lebih khas lagi adalah tatapan matanya yang akan selalu gua inget. Tatatapannya itu tajem baget cuy. Kalau dia lagi ngajar nih, terus lu ga merhatiin dia, lu pasti ada feel kayak ada yang ngeliatin gitu dan pas lu sadar itu pasti dia lagi ngeliatin lu kayak singa lagi merhatiin mangsanya. Tapi meskipun gitu dia tuh ngajarnya enak poll. Dia itu guru bahasa Indonesia yang paling bisa gua ngerti cara ngajarnya makanya gua respect banget deh.

Jadi ceritanya tuh pas gua kelas 9 ada acara pensi internal gitu deh di sekolah. Waktu itu event-nya hari guru juga sih kalau gasalah. Gua cukup deket nih sama Bu Siti ini, sering ngobrol lah kalau di luar kelas kayak pas istirahat buat ngobrol-ngobrol dan gua suka cerita juga soal hidup gua minta wejangan lah saat itu karena mau masuk SMA juga kan. Mungkin karena kedekatan ini kali ya, gua disuruh dia buat ngomong pas acara itu. Tampil pokoknya pas acara. Padahal gua anaknya bua pede aja susah pas itu cuy, ini disuruh ngomong pas acara sekolah kan berarti satu sekolahan nonton. Begonya gua juga ga nolak sih saat itu malah iya-iya aja. Gua dihipnotis sama matanya itu pasti sih makanya manut aja.

Dia minta ngomongnya jangan kayak pidato, jangan formal gitu, yang santai aja ngebahasnya. Gua nyari-nyari lah tulisan orang buat gua omongin di depan sekolah untuk pertama kalinya itu cuy. Gau sama sekali belum belajar public speaking dan sekalinya praktek langsung di depan satu sekolahan. Pasrah sajalah saya saat itu dan akhirnya dapet juga sih materinya. Gua ngapalin kan terus gua latihan tuh di depan satu temen gua di musholla. Gua ngomong di depan satu orang aja masih gemeteran anjir ga kebayang pas eksekusi gimana. Ada kali tiga kali gua latihan di depan dia dan selalu diketawain karena freak katanya. Ya abis mau gimana gaada pengalaman sama sekali, belajar juga ga pernah. Yaudahlah ya loss ae ga rewel.

Pas eksekusi, ga jauh berbeda sama pas latihan. Badan gua kayak kena gempa, gemeteran semua kampret. Tangan tuh keliatan bgt pasti gemeternya, gabisa diem soalnya goyang-goyang terus. Gua yang tadinya niat gua sambil mondar-mandir pas ngomong gitu kan biar keliatan enjoy, malah matung cuy gabisa gerak. Berat banget rasanya kaki buat diangkat su. Awalnya tuh masih masih diem aja ngomongnya, matung gitu. Lama-lama gua paksa buat tangan gerak, abis itu kaki mulai bisa maju mundur (cantik). Setelah setengahnya kali gua baru bisa mulai gerak. Bener-bener pengalaman public speaking pertama dalam hidup. Tapi, tanpa kejadian itu, mungkin gua gaakan seberani sekarang dalam berbicara dan gaakan sepede sekarang nulis di blog dan nyebarin kemana-mana. Gua pernah bilang ke Bu Siti juga soalnya soal blog gua ini, dan dia bilang “kamu tetep nulis ya. Tulis apa aja yang ada dipikiran kamu, apapun itu. Semoga apa yang kamu tulis bisa jadi manfaat buat yang baca. Dan jangan malu buat memperkenalkan tulisan kamu ke yang lain. Pede aja pokoknya”. 

 
Yak ini fotonya guys. Masih ada ternyata yg mau fotoin:))

Yang kedua ini, masih sama pas gua kelas 9, tepatnya saat kelulusan. Namanya Bu Ida. Bu Ida ini wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan juga sebagai guru IPA. Bu Ida sempet ngajar gua pas kelas 7 juga walau sebentar waktu itu. Orangnya lembut banget. Tipe-tipe guru senior yang udah disegani banget deh di sekolah doi ini. Ngajarnya pun enak banget, apalagi kalau lagi biologi. Bu Ida ininih yang pertama kali bikin gua demen sama biologi. Gua sih sebenenrya ga deket ya sama dia, cuman rasanya tuh kalau dia lagi ngomong di sekolah rasanya kayak diperatiin banget gitu. Kayak disayang banget sama di orang jadinya demen aja. Gua cuman ada satu momen dari dia yang masih membekas sampe sekarang dan akan selalu jadi pegangan gua sampai kapanpun.

Jadi saat itu sedang acara kelulusan SMP. Jadi semua anak kelas 9 dateng lah bersama orangtua. Acaranya biasa sebenernya, pengumuman nilai UN, USBN terbaik, sambutan kepsek dsb. Nah pas bagian Bu Ida ngomong ini yang paling diperhatiin sama semuanya. Doi tuh keibuan banget sih makanya kalau dia ngomong selalu diperhatiin. Gua gaapal ya dia ngomong apa aja saat itu, tapi beberapa kalimat terakhir dia saat itu masih nempel banget di otak gua sampai saat ini.

“Anak-anak, kemanapun tempat yang kalian pilih untuk melanjutkan pendidikan setelah ini, apapun cita-cita dan tujuan yang ingin kalian raih setelahnya, Ibu berpesan satu pada kalian: jangan lupakan restu orang tua kalian. Kenapa? Karena jika suatu saat nanti cita-cita kalian tercapai, kalian sudah menjadi apapun yang kalian inginkan, tapi kalau semua itu kalian capai tanpa restu orang tua, semuanya sia-sia. Setinggi apapun nanti jabatan kalian atau sebanyak apapun harta kalian nanti, jika taka da restu orang tua disana, maka tidak ada pula keberkahan didalamnya. Selalu ingat anak-anak, restu orang tua adalah restu Allah.”

Omongan itu sampai sekarang masih jadi pegangan gua. Apapun yang mau gua lakuin, selalu izin terlebih dahulu sama ortu  gua. Terlepas apapun yang udah terjadi sebelumnya, gua pasti akan selalu izin. Karena dari apa yang udah terjadi selama ini sama gua, gua udah punya buktinya sendiri kekuatan restu orang tua itu.

Jadi, ya, mungkin itu ajasih. Apa yang gua tulis diatas itu adalah langkah awal atas semua yang udah gua lakuin sekarang. Tanpa semau itu, mungkin semuanya akan berbeda.

Selama nulis ini, jadi kangen SMP lagi. Udah lama rasanya ga main ke sana. Gua ampe lupa kapan terakhir ke sana. Mungkin liburan nanti main deh.

Makasih yang udah baca.

Selamat hari guru.

-Read.

Komentar

Postingan Populer