Breath

Still Breathing - Green Day

I'm like a child looking off on the horizon I'm like an ambulance that's turning on the sirens
Oh, I'm still alive
I'm like a soldier coming home for the first time
I dodged a bullet and I walked across a landmine
Oh, I'm still alive

Am I bleeding am I bleeding from the storm? Just shine a light into the wreckage, so far away, away

'Cause I'm still breathing
'Cause I'm still breathing on my own
My head's above the rain and roses Making my way away
'Cause I'm still breathing
'Cause I'm still breathing on my own
My head's above the rain and roses Making my way away
My way to you

I'm like a junkie tying off for the last time I'm like a loser that's betting on his last dime
Oh, I'm still alive
I'm like a son that was raised without a father
I'm like a mother barely keeping it together
Oh, I'm still alive

Am I bleeding, am I bleeding from the storm? Just shine a light into the wreckage, so far away, away

'Cause I'm still breathing
'Cause I'm still breathing on my own
My head's above the rain and roses Making my way away

'Cause I'm still breathing
'Cause I'm still breathing on my own
My head's above the rain and roses Making my way, away, away

As I walked out on the ledge
Are you scared to death to live?
I've been running all my life
Just to find a home that's for the restless And the truth that's in the message Making my way, away, away

'Cause I'm still breathing
'Cause I'm still breathing on my own
My head's above the rain and roses Making my way away

'Cause I'm still breathing
'Cause I'm still breathing on my own
My head's above the rain and roses Making my way, away, away

'Cause I'm still breathing
'Cause I'm still breathing on my own
My head's above the rain and roses Making my way, away
My way to you





Oke.

Dengar-dengar tanggal 25 mei kemarin pengumuman nem SMP ya?

Gimana kabar nem adik adik kalian yg SMP? Sehat?

Gua mau cerita pengalaman gua lulus SMP sampe masuk SMA dan proses sampe sekarang. Semoga tulisan g ua kali ini bisa ngebantu kalian, terutama yg bingung milih sekolah mana dan jurusan mana.

Oke.

Perlu kalian tau, gua ini sekolah di SMAN 84. Di kalideres. Buat yg gatau yaaa.. Ada di Jakarta barat.. SMP gua di SMPN 169.. Di kalideres juga tuh.. Gaada yg tau ya? Ga terkenal maklum...

Gua ini anak yg bukan termasuk anak pintar/cerdas yg biasa didambakan banyak orang tua. Pinter MTK, kimia, fisika, biologi dan ilmu ilmu pasti lainnya yg biasa jadi patokan anak itu pinter atau engga. Dan gua bukan termasuk anak yg unggul dalam hal tadi. No.

Gua sadar dari gua masih SMP tentang bakat gua. Eh sorry bukan bakat, tapi kelebihan. Gua merasa dari dulu bahkan dari gua SD pun gua unggul dalam hal mengingat, menghapal, retorika dan hal hal yg tentang kebahasaan itu gua "lumayan" ngerti untuk anak seusia gua waktu itu. Dan gua merasa itu emang udah passion gua selama ini. Dan gua terus asah lah kemampuan gua sehingga di sekolah gua unggul dalam bidang bidang tentang ilmu sosial. Waktu SMP tuh mapelnya IPS ya bukan kayak di SMA udh di pecah pecah kayak ekonomi, geografi, sejarah, segala macem.

Singkat cerita pas kelas 9 gua mulai merancang masa depan gua mau kayak gimana (obsesi bocah labil maklum). Gua memutuskan kalau masuk SMA nanti gua bakal milih jurusan IPS. Karena gua merasa gua unggul dalam hal sosial seperti itu.

Gua cerita ke orang tua gua. Dan, mereka ga setuju.

Mereka bilang jurusan IPS itu jurusan buangan, jurusan yg isinya anak IPA yg ga keterima, jurusan yg isinya masa depannya susah. Well, I don't believe that. Buat gua masa depan ga ditentukan dari jurusan apa yg lu pilih. Dan gua percaya pada waktu itu. Gua berusaha buat yakinin orang tua gua kalau IPS itu ga semuanya kyk begitu. Gabisa hanya karena 1/2 contoh jadi dipukul rata semuanya jelek. Gaadil itu namanya.

Akhirnya mereka merestui. Tapi dgn syarat: jurusan IPS di SMA unggulan.

Lu tau mereka minta SMA mana? SMAN 78 JAKARTA.

Asal lu tau, SMP gua tuh gaada apa apanya dibandingkan sekolah yang lain. Sekolah unggulan di daerah gua tuh kayak 45, 75 seinget gua mereka tuh baru yang lulusannya udah biasa masuk ke 78. Setau gua, waktu itu, jarang bgt atau malah gaada lulusan SMP gua yg masuk 78.

Gua mikir waktu itu, gua yakin gua bisa karena gua ngelakuin apa yg gua suka jadi gua yakin gua bakal berhasil (Idealisme seorang yg masih labil pikirannya padahal).

TO - UCUN - UP - US - UN.

Lanjut pas pengumuman nem.

Jujur gua deg-degan parah. Gua gatau dapet nem berapa dengan usaha gua yg gatau seberapa besar. Dan hasilnya:

Mengecewakan.

Nem gua jauh banget dari target minimal buat masuk apa yang orang tua gua inginkan.

Abis lah gua hari itu juga gua dimarahin abis abisan. Gua di kritik, gua dibilang bodoh, banyak omong, usaha gitu gitu aja mau masuk 78, gabisa ngebuktiin keinginan segala macem.

Lu tau apa yang gua rasain?

Hancur sehancur hancurnya.

Gua merasa ga dipercaya lagi sama orang tua gua sendiri.

Waktu itu, gua nangis. Gua gabisa nahan perasaan gua kalau gua kecewa. Sama diri gua maupun orang tua gua sendiri.

Gua gabisa ngungkapin semaunya waktu itu karena sampe skrng aja kalau inget masih sakit cuy.

Lanjut.

Pas PPDB SMA. Gua yg masih merasa belum dapet kepercayaan lagi dari orang tua gua, berusaha buat ngerayu biar tetep ngerestuin gua masuk ke IPS walau bukan di 78. Yaitu di 33. Mungkin yg kenal sama gua Taulah yaa..

Jadi di sekitar SMP gua tuh, ada 3 sekolah yg diunggulkan. Yaitu 33, 84, sama 95. Nah gua ngebujuk ayah gua waktu itu biar ngerestuin buat masuk ke 33 IPS. Tapi ga dibolehin. Pokoknya harus masuk IPA diantara 3 sekolah itu gaboleh ada IPS nya.

Galau dah tuh gua.

Karena planning gua aja grgr ga sesuai rencana udah kacau, apalagi ini ga masuk IPS yg gua mau, ilang semau rencana gua.

Diantara kegalauan itu, gua inget kata-kata guru gua waktu kelulusan. Doi bilang gini, "sebelum kalian memilih sekolah atau jurusan nanti, minta restu orang kalian dulu. Karena restu orang tua itu adalah restunya Allah. Walaupun kalian sudah membuat rencana sedemikian rupa tentang SMA kalian nanti tapi tanpa restu orang tua kalian, semua itu percuma. Percuma kalian lulus lalu kerja nanti tapi selama itu ga direstuin orang tua kalian. Sia sia jadinya, ga berkah. Jadi yg terpenting adalah restu orang tua. Kalau kalian sudah diberi restu, insya Allah akan diberikan jalan menuju kesuksesan sama Allah".

Gua inget banget kata-kata itu dan selalu terbayang-bayang sampe sekarang. Dan skrng pun selalu jadi pegangan gua selama ini.

Akhirnya gua masuk ke SMAN 84. Jurusan IPA.

Tempat yang selama ini gapernah ada direncana gua.

Jujur waktu itu gua bingung harus apa. Gua masuk ke sekolah yg gapernah gua bayangkan bakal masuk ke situ, dan masuk ke jurusan yg bertolak belakang dengan kemampuan gua. Tapi, gua dengan modal "restu orang tua" gua, gua terus maju.

Dari awal masuk gua selalu mikir apa yg bakal gua lakuin selama SMA. Dan singkatnya, gua nemuin tempat yg ngebuat gua nyaman dan sangat amat bahagia sampai sekarang ini: LCC 4 pilar.

Mungkin banyak yg gatau. Tapi dari disinilah semuanya berubah.

Gua memilih lomba 4 pilar ini sebagai pelarian semua masahal gua waktu itu. Dan yaaa akhirnya gua kebablasan dan terlanjur nyaman disitu. Karena gua merasa bisa menemukan diri gua yg sebenarnya dan gua bisa jadi diri gua sendiri disitu.

Buat yg gatau, 4 pilar itu lomba cerdas cermat. Lomba pertim. Pertimnya itu ada 10 orang. Jadi itu lombanya mostly kebanyakan tentang hapalan. Which is itu cocok dengan kemampuan gua dongg. Dan hapalannya itu ada UUD, UU organik, TAP MPR, sejarah Indonesia, lagu daerah, nasional dan pahlawan.

Singkat cerita gua masuk ke tim inti. Gua berlatih di tahun pertama gua di SMA. Dan hasilnya? Gua juara 3 DKI.

Gua bangga. Sangat sangat bangga sama diri gua sendiri. Karena semua itu hasil dari usaha gua buat buktiin ke orang tua gua kalau gua bukan orang bodoh. Bukan orang yg cuman omong besar.

Dan terbukti. Orang tua gua pun bangga dengan capaian gua.

Tahun kedua.

Gua berlatih lebih keras lagi. Gua berusaha lebih untuk melewati diri gua yg sebelumnya. Hasilnya?

Juara 1 DKI.
Lolos ke tingkat Nasional.
Di gedung MPR RI.

Apa semua ini pernah gua bayangkan sebelumnya? HELL NO!

The point is:

Dude, sukses itu bukan tentang lu dapet nem berapa, lu sekolah dimana, lu jurusan apa, hell no! Kesuksesan itu tentang kerja keras. Semua itu tentang kepercayaan lu terhadap diri lu sendiri kalau lu bakal sukses dengan apa yg lu lakuin sekarang.

Gua yg awalnya masuk SMA udah ga sesuai keinginan gua. Gua gadapet kepercayaan dari ORANG TUA gua sendiri. Tapi apa? Gua ga nyerah! Gua terus berusaha buat buktiin ke mereka kalau apa yg mereka sebelumnya itu salah! Gua buktiin ke mereka kalau bukan cuman orang orang yg pinter MTK, fisika, kimia, atau apapun yg itung2an doang yg bisa sukses. Orang yg jago ngapal, jago bahasanya juga bisa sukses!

Setiap orang bisa sukses dengan jalan sendiri.

Semaunya tergantung diri lu.

Bagaimana usaha lu untuk mencapai impian lu, bagaimana dedikasi lu terhadap apa yg lu lakuin itulah yg bakal ngebuahin hasilnya nanti di masa depan.

Semuanya sudah direncanakan sama Allah. Gua bersyukur sekolah di 84. Kenapa? Karena mungkin kalau gua di 78, atau di 33, gabakal gua kayak sekarang. Kuncinya tetap: kerja keras.

Jujur aja teman teman, semau yg gua Alamin sampe sekarang ini ga pernah gua sangka. Sedikitpun.

Gua juara DKI? Pernah gua bayangin? No.

Apalagi masuk nasional? Masuk ke gedung MPR? No.

I'm telling you right now.

Gaada yg ga mungkin di dunia ini. Selama kita terus berdoa, minta restu orang tua, berusaha dan terus berusaha. Usaha yg tidak seperti orang lain. Teruslah berusaha. Lakukan sesuatu yg luar biasa, sesuatu yg jarang dilakukan oleh orang lain. Jgn melakukan sesuatu yg sudah biasa dilakukan oleh orang lain.

Pray more.
Do more.
And Put your faith in God.

-Read.

Komentar

  1. Gw sedih bacanya, tapi menginspirasi... Cerita nya mirip mirip ama gw, tapi gw masuk lewat ssekolah gw lewat japres... Tapi salah jurusan... Jadi gw males-malesan tuh di sma gw... Yg gw unggulin ya yg buat gw masuk keSMA ini. . Tapi berkat tulisan ini, semoga gw bisa memprebaiki diri gw dikelas 3 nanti kalo (naik)...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer