Akhirnya


Halooo

Akhirnya nulis lagi. Udah lama rasanya.

Kayaknya ini tulisan terakhir di tahun ini.

Jadi, ya, biasanya kalau tulisan terakhir di tiap tahun selalu kilas balik sih setahun kebelakang.

Gua mau cerita aja disini.

Tahun ini rasanya tuh bener-bener beda. Ya biasnaya juga beda sih tiap tahun. Cuman tahun ini tuh kampir di tiap bulan perasaannya selalu beda. Paling random lah tahun ini rasanya. Jarang banget perasaan konsisten tahun ini.

Mulai dari awal tahun yang berat untuk gua.Udah pernah gua tulis sebelumnya. Gamau nulis lagi. Sakit.

Dilanjutkan dengan perjuangan menghadapi berbagai ujian untuk masuk ke perguruan tinggi.

Akhirnya ngerasain yang namanya jauh dari rumah asli. Kemarin-kemarin demen ngeledekin orang yang masih SMA udah ngerantau jauh dari rumah, sekarang jadi ngerasain diledekin gitu. Ngeselin juga disuruh balik mulu. Guanya mah pengen balik, cuman gadibolehin.

Tahun ini bener-bener banyak banget pelajarannya.

Gua jadi lebih mengenal diri gua. Gua lebih banyak explore hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah gua rasain. Rasanya jauh dari orang tua emang bebas banget sih. Ngelakuin apa aja bisa soalnya gaad ayang mantau langsung, cuman by phone doang paling. Buat gua yang selama 18 tahun kalau mau keluar kemanapun pasti orang tua tau, inimah santai aja main tinggal main, pulang malem ya pulang malem. Gua yang sebelumnya susah banget buat nginep di rumah orang, sekarang jadi sering banget nginep di kos orang. Alasannya gadibolehin karena masih punya rumah sendiri ngapain segala nginep? Ya gua kan orangnya nurut abis ngikut ajalah daripada rebut malesin. Disini gua sering banget nginep apalagi kalau ada bola. Streaming bareng, sebelum streming main ps dulu. Kadang sambilan ngerjain tugas. Pulang ke kos sendiri cuman buat mandi abis itu balik lagi ke kampus ada kelas. Asik ajasih rasanya meskipun jarang tidur karena gua ngelakuin itu atas keinginan gua sendiri tanpa paksaan dan tuntutan apapun.

Soal nongkrong, disini gua jarang banget sih. Bisa keitung jari malah jumlah gua nongkrong selama hampir 6 bulan di Malang. Gua males aja rasanya nongkrong gitu karena masih ada yang bisa gua lakuin. Daripada nongkrong, mending gua ke kos orang aja numpang ngerjain apa kek. Gua lebih sering main ke kos orang malah dairpada nongkrong.

Terus seneng-seneng kapan dong? Kapan aja bisa. Untungnya, gua bukan orang yang ribet-ribet amat buat seneng. Nonton sendiri juga udah seneng. Baca buku, earphone nangkring di kuping udah seneng. Bisa beli barang yang selama ini gua inginkan udah seneng. Lagian buat gua bahagia itu diciptakan sih, bukan dicari. Jadi gausah repot-repot amat hidup mah.

Soal belajar gamau bahas ah biar jadi konsumsi gua dan orang-orang terdekat aja HAHAHAHA*bye bitch

Tahun ini, ada perubahan besar sih dalam diri gua antara masih di Jakarta dan di Malang. Kalau diibaratin 6 bulan pertama tahun ini tuh hitam, 6 bulan selanjutnya hitamnya udah mulai memudar jadi putih tapi masih kotor lah. Kenapa gitu? Buat gua, ngerasainnya 6 bulan pertama tuh gua bener-bener berjuang ngelawan diri gua sendiri. Ada saatnya gua down, gua berusaha buat ngembaliin normal lagi. Gua sangat tertutup waktu itu atas apapun yang terjadi, semuanya gua pendem sendiri dan gua selesain sendiri. Berat rasanya saat itu ngelewatin banyak hal sendirian. Salah gua sebenarnya kenapa gamau minta tolong orang lain. Hanya rasanya saat itu gua diposisi yang “gua harus nyelesain ini sendiri. Gaboleh ada yang tau”. Sampai akhirnya gua ngerasa udah mulai lega, gua beraniin ceirta hanya ke beberapa orang aja. Awalnya juga masih ragu, Cuma gua paksa aja. Hanya beberapa orang aja yang tau, sampai akhirnya gua beranikan diri buat nulis di blog ini. Berat unutk bisa mencapai itu.

Yang paling berubah dalam diri gua karena berbagai masalah yang sebelumnya gua rasain, dan gua akhirnya nemu cara buat menghdapi itu adalah gua lebih jujur sama diri gua dan orang lain dalam hal hal apapun yang lagi gua rasakan. Mau itu jelek, baik, gua lebih memilih jujur sekarang dibandingkan memendam itu semua. Gua udah ngerasain mendem perasaan yang besar banget, dan itu sakit. Lu bisa stress kalau gadikeluarin. Kejujuran ini bener-bener kerasa di diri gua. Malah kayaknya hampir ke setiap orang sih gua mencoba untuk jujur apa adanya gitu. Jujur kalau misalkan gua kesel, gasuka sama sesuatu atau orang, seneng, suka, tertarik sama orang, loss aja gua bodoamat reaksinya orang gimana yang penting perasaan gua lega aja.
            

       Tahun ini sesuatu banget sih apalagi buat diri gua. Banyak banget kejadian demi kejadian yang gua rasain membuka ruang-ruang baru dalam diri gua yang sebelumnya ke tutup sekarang bisa ke buka. Maksudnya, banyak hal-hal baru yang gua rasain sepanjang tahun ini. Terutama soal manajemen perasaan. Maksudnya tuh cara gua mengendalikan perasaan gua gitu supaya ga terlalu naik dan ga terlalu turun. Tahun ini tuh rentan banget perasaan gua. Ke percik dikit aja bisa langsung naik atau turun jadi ya harus pinter-pinter ngejaganya. Banyak cara yang gua coba sampe gua nyoba cara yang ga gua banget, malah gaenak rasanya jadi makin-makin deh. Cuman ya gapapa namanya belajar. Akhirnya nemu juga caranya.
            
 Ngomongin soal perasaan ye, tahun ini adalah tahun paling terbuka buat gua kalau soal perasaan. Gua yang awalnya tuh tertutup banget cuy kalau soal perasaan gitu, kemarin-kemarin tuh gampang banget cerita ke orang, bahkan ngasih tau orangnya langsung HAHAHAHA. Kacau sih beda banget emang rasanya ga gua banget soalnya. Cuman yang paling bikin enak tuh perasaan leganya cuy. Plong gitu rasanya “ah doi udah tau bagus deh” gitu. Lama-lama pasti ke semuanya pelan-pelan sih karena jujur sama diri sendiri tuh nagih cuy.
            
 Jujur ya, gua pengen banget nulis perasaan gua sekarang disini. Cuman rasanya kalau ngomong langsung tuh lebih asik sih jadi ya nanti ajadeh kalau waktunya udah pas HAHAHAHA.
             
Itu si yang paling gua inget dan rasain akhir-akhir ini. Enaknya bisa jujur sama diri sendiri, bisa nge­-manage perasaan sendiri. Dua itu aja udah bisa bikin tenang dan bahagia sekaligus. Makin bersyukur lagi masih ada orang-orang yang selalu ada disaat gua sedang membutuhkan orang lain. Emang deh tahun ini beda. Kerasa banget di tiap hal perbedaannya dengan yang dulu-dulu. Ya semoga ini proses untuk menuju yang lebih baik lagi.
            
 Udah sih kayaknya itu aja. Tahun ini ke tulis semua kejadian pentingnya, mau yang jelek atau buruk.
             
Oiya, gua mau menyarankan kalian nih yang baca. Jangan lupa buat ngucapin terima kasih ke orang-orang yang udah nemenin kalian selama ini, terutama setahun ini. Orang-orang yang selalu ada untuk kalian, kapanpun itu.  Siapapun orangnya. Gua nyaranin gini karena gua abis ngelakuin itu juga sih, rasanay lega banget. Mo nangis sendiri kwwkwk
             
Terima kasih juga buat Baskara Putra a.k.a. Hindia buat albumnya. Makasih banget itu album bener-bener nemenin sisa-sisa waktu akhir tahun ini dan ngebantu menyadarkan banyak hal tentang hidup. Relate banget soalnya. Pas UAS kemarin gua belajar sambil dengerin albumnya enak pol cuk lancar gitu.

            
 Sekali lagi terima kasih udah baca ini sampai terakhir.
             
Terima kasih untuk kalian yang selalu baca tulisan gua, makasih banget. It means a lot to me.
            
 Pamit untuk tahun ini.
            
 Love you.


-Read.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer