Kepala Dua

 

Sejak awal tahun ini, salah satu ketakutan terbesar gua adalah umur kepala dua. Gua gatau kalau orang lain, cuman di gua tuh rasanya takut sekali. Entah kenapa rasanya beda banget sama tahun-tahun sebelumnya. Waktu umur 12, seneng banget rasanya udah bisa ganti celana dari merah ke biru. Pertama kali belajar pake dasi kayak orang-orang kantoran. Bukan dasi yang tinggal masukin ke leher. 15 tahun, celana abu-abu. Rasanya saat itu udah ngerasa dewasa banget. Dikit lagi masuk usia legal. Rasanya diantara semua jenjang pendidikan wajib belajar, kalau udah pake celana abu-abu pandangan orang lain saat ngeliat udah mulai tegak, ngga nunduk lagi. Rasa senang berbalut bangga lah saat itu.

Cuman kenapa rasanya berbeda sekali ya? Rasa senang berbalut bangga tuh berubah jadi takut, was-was. Bukan sih. Rasa itu berubah jadi tanggungjawab.

Banyak banget orang bilang, “yaelah nikmatin aja kali”. Yaiya nikmatin. Terus apa? Jangan setengah-setengah dong. Nikmatin doang ngga ngilangin kekhawatiran ini.

Gua tuh gapernah siap dengan umur ini. Oke mungkin gua berlebihan. Tapi coba pikirin deh. Kalau orang dewasa sering bilang, “kehidupan setelah kepala dua itu jauh berbeda dengan sebelumnya”, kenapa lu ga nyiapin orang-orang yang dibawah lu ya nyet?  Maksud gue, rasa kebersamaan lu itu berblebihan sampe orang yg generasi dibawah lu ngerasain juga yang lu rasain.

Gua pernah ngomongin ini di podcast gue. Buat yg belom tau, gua punya podcast namanya “Catatan Hari Ini”. Rilis tiap hari minggu jam 8 pagi.. Namanya Catatan Hari Ini, uploadnya seminggu sekali. Gua pernah ngomongin ini di podcast, apasih yang harus disiapin ketika masuk ke umur kepala dua? Saat itu, buat gua modal pertama yang harus dimiliki saat memasuki kepala dua adalah kepercayaan diri. Ini hal yang sangat simple namun sangat krusial menurut gue.

Sebelum gue lanjut, mending lu dengerin dulu yg gue omongin di podcast supaya lu ngerti apa yang akan gua tulis setelah ini. Podcast gua bisa lu dengerin dilayanan streaming favorit lu. Berikut gua kasih link episodenya yang ada di spotify: Modal Pertama di Kepala Dua

 

*akan diupdate segera*

Komentar

Postingan Populer