Opinion #1
Yang pertama pendidikan. Kalau kita ngomongin pendidikan,
kita juga bakal nyinggung ttg cara belajar, guru dan suasananya. Kita mulai
dengan...
Jahatnya pendidikan di Indonesia adalah setiap anak tidak
bisa yakin kalau dirinya berbeda dari orang lain. Itu jahatnya pendidikan di
Indonesia. Bahkan Ki Hajar Dewantoro aja, jaman jebot dulu udah pernah bilang kalau padi lunturnya jadi padi, jagung
menjadi jagung. Engga bisa padi
lunturnya jadi jagung. Dan itu masalah kita di Indonesia. Toh setiap anak beda,
tiap sekolah beda, tapi kalau mau lulus harus ‘segini’. Itu kan masalah dengan
UN. Semuanya harus distandarisasi. Contoh deh. Tarzan bosen tinggal di hutan.
Kata dia pergi lah gue dari hutan. Gaada
yang bisa gue nikahin. Buluan semua. Terus dia bilang ke hutannya hey setiap makhluk berhak menggantikan gue
sebagai raja hutan disini tapi ada syaratnya. Syaratnya adalah suaranya harus
kenceng2an biar 1 hutan bisa denger. Kalau singa gampang mengaum. Gorila
teriak. Ayo coba tapir “ayemmmeeemmm” gak fair kn gak fair kan.
Einsten pernah bilang bahwa setiap anak adalah jenius. Tapi kalau kamu menilai se ekor ikan dari
cara dia memanjat pohon, ikan itu akan merasa bodoh seumur hidupnya. Dan
itu masalah kita di Indonesia. Einsten juga pernah bilang, waktu smp, bayangin,
sepantara kita dia ngomong gini ke gurunya saya
tidak setuju dengan metode belajar menghafal karna itu mematikan kreativitas
dan semangat belajar keluar dia dari kelas. Coba anak smp ngomong gitu ke
gurunya. Keluar juga sih. Di keluarin lebih tepatnya.
Tapi emang bener, salah satu ciri pendidikan di Indonesia
adalah beberapa instansi pendidikan memaksakan muridnya untuk hafal. Padahal
mah gaperlu. Kuncinya sebenernya adalah paham konsepnya, dan tau cara
pengaplikasiannya. Contoh deh. Disini ada yang nge fans sama MU? Oke. Kalau gue
minta sebutin 1 aja pemain MU terbaik sepanjang sejarah, bisa ga? Pasti bisa.
Diajarin ga di sekolah? Engga. Jadi kuncinya, buat dong murid ini tertarik,
bukan paksa dia buat ngapal. Lagian apa yang kita sibuk2in apalin dulu belum
tentu berguna. Contoh deh. Kelas 9 nih pernah pelajar peluang kan? Masih inget
frekuansi harapan palsu? Engga ya engga pake palsu. Lu pasti tau dong itu
soalnya ga ada kerjaan banget ngelempar koin sampe 240 kalilah 500 lah. Gaada
kerjaan bgt. Bahkan bu siska pernah bilang ini
kita sebenernya ngitung sesuatu yg mustahil buat dilakukan. Siapa juga yang mau
ngelempar koin sampe ratusan kali. Itu
pasti orang gila yang ngelakuin itu. Terus pertanyaan gue berarti kita yang ngitung lebih gila dong
dari mereka? See? Ga semua yang kita pelajarin berguna buat nanti. Cuman
buat modal lulus doang. Palingan, yang paling berguna buat kita nih terutama
kelas 9, gue yakin banget, paling nyangkut di otak pelajaran ttg reproduksi.
Gue yakin itu. Tenang kelas 8 dan 7 lu bakal belajar ttg itu. Tunggu waktu
saja.
Gue jujur masih bingung dengan pemerintah. Kita sebagai pelajar
telah di ombang ambing dengan kurikulum yang ga jelas tujuannya apa. Mungkin
yang kelas 8 dan 9 pernah ngerasain k13 ya abis itu di ganti lg karena katanya
masih perlu disempurnakan. Pertanyaan gue, ini kita tikus atau pelajar sih pak?
Di coba-coba gitu dengan kurikulum ga jelas. Asal lu tau, malaysia tahun 1975
meminjam guru dari Indonesia. Dikirimlah sekita 55 guru kalau gasalah ke sono.
Mengapa dia minjem guru? Karena mereka tertinggal pendidikannya oleh Indonesia.
Bahkan, PM Malaysia Abdul Rajak itu tau? Dia kuliah di Indonesia, di
universitas swasta bahkan. Gila ga tuh. Sekarang, 2015, setelah 29 tahun,
pendidikan kita tertinggal oleh malaysia. Sinting ga tuh. 1 lagi. Singapura,
mereka menggunakan kurikulum yang pernah kita pakai tahun 70-an. Kita yang
telah berganti berbagai macam kurikulum, tertinggal oleh negara yang meminjam
kurikulum kita. Aneh kan. Jangan jauh-jauh deh. Pemerintah mempelopiri sekolah
ramah anak. Kalau sekolah ramah anak, pasti ada kesetaraan dong antara guru dan
murid. Tapi kenyataannya?
Gue masih inget banget dulu waktu jaman k13 gue pernah
ditanya sama om gue, om gue ini kebetulan dosen jadi dia paham lah soal
pendidikan. Dia pernah nanya gini ke gue “A gimana kurikulum baru? Enak ga?”
“Ga enak om. Tugas mulu. Gaada waktu maen” terus om gue jawab gini “yaudah
gausah dikerjain. Main aja terus. Kan main juga belajar. Dari pada kamu belajar
dengan terpaksa” tapi emang bener, bermain adalah belajar yang dilakukan dengan
sukarela. Kalau lu tanya, ahli anak atau apapun lah namanya, pasti bakal
ngomong hal yang sama. Otak manusia paling berkembang pada waktu umur 5 tahun.
Makanya dulu kita sering main kan dan mengetahui banyak hal. Makanya jangan
heran kalau lu liat anak kecil berdiri gajelas didepan rumah orang terus dalem
hati bilang ini rumah terus ada kacanya.
Ah ada batu nih. Kalau gue lempar ke kaca, oh pecah. Coba gue diem dulu. Oh gue
di gebukin. Yaudah gue lari.
Udahlah ya bosen ngasihanin negara sendiri terus kita
refreshing otak beberapa menit. Selanjutnya gue bakal ngomongin tentang remaja.
Remaja identik dengan tawuran. Tawuran identik dengan darah. Padahal, darah
lebih identik dengan keperawanan. Darah perawan. Oke itu pendinginan doang biar
otak lu cerah lg. Gue bakal ngomongin yang paling deket banget dengan dunia
remaja yang lg sedang marak sekarang, yaitu seks bebas.
Berdasarkan data yang pernah gue baca, sekitar 70% pelajar di
Indonesia pernah melakukan hubungan intim dengan lawan jenis, sisanya dengan
sesama jenis. Kalau 70%, berarti kalau di buat perbandingan, 7 dari 10 pelajar
telah melakukan hubungan seks, dengan lawan jenis, sisanya dengan sesama jenis
tentunya. Ayo coba kita main tebak2an siapa yang pernah sekarang..
Gue tau apa yang ada dibenak lu kalau ngomongin seks dih apaan sih jijik ngomongin begituan belum
waktunya tau bullshit. Orang Indonesia itu munafik ya. Sohk-sohk mengecam
seks padahal kalau udah ngelakuin ketagihan. Ya paling engga dikasih maulah.
Contohnya. Tau goyan dribel kn? Orang Indonesia munafik pada mengecam. Kalau
gue sih suka. Memperlancar aliran darah di leher.
Orang-orang selalu bilang hey
wanita tutuplah aurat mu itu salah. Harusnya ke laki-laki hey lelaki. Jaga burung mu dengan baik.
Bener kan? Yang ngelakuin pemerkosaan emang kata lu perempuan? Laki-laki coy.
Lu tau engga pemerkosaan tertinggi dimana? Di Timur Tengah. Keliatan cuman
dimata. Nafsu juga kagak gue. Ini kalau ada yang yang pake bikini doang didepan
gue juga gabakal gue perkosa. Tenang ada udah terlatih ini punya gue. Pas dia
liat biasa aja sob. Woles aja.
Tapi emang bener, pemerkosaan masih menjadi masalah serius di
beberapa negara. Contoh deh. Pernah denger kasus Ariel waktu tahun 2010? Gue
setuju Ariel dipenjara bukan karena dia berhubungan seks. Gue setuju dia
dipenjara juga bukan karena dia vidioin. Tapi karena melalui proses persidangan
terbukti dia nunjukin vidio itu ketemennya. Sekarang gini deh, waktu dia
berhubungan dengan cewenya, setuju ga sama cewenya? Setuju doang. Waktu dia
vidioin? Setuju pasti. Tapi waktu si Ariel nunjukin vidio itu ketemennya,
setuju ga sama cewenya? Engga. Ariel mengkhianati kepercayaan yang udah dikasih
dari cewenya itu. Ariel ini terkenal banget. Gue yakin kalau gaada hukuman
tegas ke dia, bakalan ada banyak orang yang mamerin foto dia pernah ciuman atau
telanjang sama pacarnya. Kalau suatu
kejahatan yang tidak di hukum dengan tegas, dia akan mengulangi lagi
atau orang lain bakal ikut-ikutan. Gini deh, kalau pemerkosaan Cuma dihukum
dengan denda 100 juta lu tau jadinya apa? Laki-laki jadi rajin nabung. Diajakin
temennya “sob nongkrong yu” “duh gabisa nih gue lagi nabung” “nabung buat
apaan?” “merkosa orang”
Komentar
Posting Komentar