Opinion #1



Yang pertama pendidikan. Kalau kita ngomongin pendidikan, kita juga bakal nyinggung ttg cara belajar, guru dan suasananya. Kita mulai dengan...

Jahatnya pendidikan di Indonesia adalah setiap anak tidak bisa yakin kalau dirinya berbeda dari orang lain. Itu jahatnya pendidikan di Indonesia. Bahkan Ki Hajar Dewantoro aja, jaman jebot dulu udah pernah bilang kalau padi lunturnya jadi padi, jagung menjadi jagung. Engga bisa padi lunturnya jadi jagung. Dan itu masalah kita di Indonesia. Toh setiap anak beda, tiap sekolah beda, tapi kalau mau lulus harus ‘segini’. Itu kan masalah dengan UN. Semuanya harus distandarisasi. Contoh deh. Tarzan bosen tinggal di hutan. Kata dia pergi lah gue dari hutan. Gaada yang bisa gue nikahin. Buluan semua. Terus dia bilang ke hutannya hey setiap makhluk berhak menggantikan gue sebagai raja hutan disini tapi ada syaratnya. Syaratnya adalah suaranya harus kenceng2an biar 1 hutan bisa denger. Kalau singa gampang mengaum. Gorila teriak. Ayo coba tapir “ayemmmeeemmm” gak fair kn gak fair kan.

Einsten pernah bilang bahwa setiap anak adalah jenius. Tapi kalau kamu menilai se ekor ikan dari cara dia memanjat pohon, ikan itu akan merasa bodoh seumur hidupnya. Dan itu masalah kita di Indonesia. Einsten juga pernah bilang, waktu smp, bayangin, sepantara kita dia ngomong gini ke gurunya saya tidak setuju dengan metode belajar menghafal karna itu mematikan kreativitas dan semangat belajar keluar dia dari kelas. Coba anak smp ngomong gitu ke gurunya. Keluar juga sih. Di keluarin lebih tepatnya.

Tapi emang bener, salah satu ciri pendidikan di Indonesia adalah beberapa instansi pendidikan memaksakan muridnya untuk hafal. Padahal mah gaperlu. Kuncinya sebenernya adalah paham konsepnya, dan tau cara pengaplikasiannya. Contoh deh. Disini ada yang nge fans sama MU? Oke. Kalau gue minta sebutin 1 aja pemain MU terbaik sepanjang sejarah, bisa ga? Pasti bisa. Diajarin ga di sekolah? Engga. Jadi kuncinya, buat dong murid ini tertarik, bukan paksa dia buat ngapal. Lagian apa yang kita sibuk2in apalin dulu belum tentu berguna. Contoh deh. Kelas 9 nih pernah pelajar peluang kan? Masih inget frekuansi harapan palsu? Engga ya engga pake palsu. Lu pasti tau dong itu soalnya ga ada kerjaan banget ngelempar koin sampe 240 kalilah 500 lah. Gaada kerjaan bgt. Bahkan bu siska pernah bilang ini kita sebenernya ngitung sesuatu yg mustahil buat dilakukan. Siapa juga yang mau ngelempar koin sampe ratusan kali. Itu pasti orang gila yang ngelakuin itu. Terus pertanyaan gue berarti kita yang ngitung lebih gila dong dari mereka? See? Ga semua yang kita pelajarin berguna buat nanti. Cuman buat modal lulus doang. Palingan, yang paling berguna buat kita nih terutama kelas 9, gue yakin banget, paling nyangkut di otak pelajaran ttg reproduksi. Gue yakin itu. Tenang kelas 8 dan 7 lu bakal belajar ttg itu. Tunggu waktu saja.

Gue jujur masih bingung dengan pemerintah. Kita sebagai pelajar telah di ombang ambing dengan kurikulum yang ga jelas tujuannya apa. Mungkin yang kelas 8 dan 9 pernah ngerasain k13 ya abis itu di ganti lg karena katanya masih perlu disempurnakan. Pertanyaan gue, ini kita tikus atau pelajar sih pak? Di coba-coba gitu dengan kurikulum ga jelas. Asal lu tau, malaysia tahun 1975 meminjam guru dari Indonesia. Dikirimlah sekita 55 guru kalau gasalah ke sono. Mengapa dia minjem guru? Karena mereka tertinggal pendidikannya oleh Indonesia. Bahkan, PM Malaysia Abdul Rajak itu tau? Dia kuliah di Indonesia, di universitas swasta bahkan. Gila ga tuh. Sekarang, 2015, setelah 29 tahun, pendidikan kita tertinggal oleh malaysia. Sinting ga tuh. 1 lagi. Singapura, mereka menggunakan kurikulum yang pernah kita pakai tahun 70-an. Kita yang telah berganti berbagai macam kurikulum, tertinggal oleh negara yang meminjam kurikulum kita. Aneh kan. Jangan jauh-jauh deh. Pemerintah mempelopiri sekolah ramah anak. Kalau sekolah ramah anak, pasti ada kesetaraan dong antara guru dan murid. Tapi kenyataannya?

Gue masih inget banget dulu waktu jaman k13 gue pernah ditanya sama om gue, om gue ini kebetulan dosen jadi dia paham lah soal pendidikan. Dia pernah nanya gini ke gue “A gimana kurikulum baru? Enak ga?” “Ga enak om. Tugas mulu. Gaada waktu maen” terus om gue jawab gini “yaudah gausah dikerjain. Main aja terus. Kan main juga belajar. Dari pada kamu belajar dengan terpaksa” tapi emang bener, bermain adalah belajar yang dilakukan dengan sukarela. Kalau lu tanya, ahli anak atau apapun lah namanya, pasti bakal ngomong hal yang sama. Otak manusia paling berkembang pada waktu umur 5 tahun. Makanya dulu kita sering main kan dan mengetahui banyak hal. Makanya jangan heran kalau lu liat anak kecil berdiri gajelas didepan rumah orang terus dalem hati bilang ini rumah terus ada kacanya. Ah ada batu nih. Kalau gue lempar ke kaca, oh pecah. Coba gue diem dulu. Oh gue di gebukin. Yaudah gue lari.

Udahlah ya bosen ngasihanin negara sendiri terus kita refreshing otak beberapa menit. Selanjutnya gue bakal ngomongin tentang remaja. Remaja identik dengan tawuran. Tawuran identik dengan darah. Padahal, darah lebih identik dengan keperawanan. Darah perawan. Oke itu pendinginan doang biar otak lu cerah lg. Gue bakal ngomongin yang paling deket banget dengan dunia remaja yang lg sedang marak sekarang, yaitu seks bebas.

Berdasarkan data yang pernah gue baca, sekitar 70% pelajar di Indonesia pernah melakukan hubungan intim dengan lawan jenis, sisanya dengan sesama jenis. Kalau 70%, berarti kalau di buat perbandingan, 7 dari 10 pelajar telah melakukan hubungan seks, dengan lawan jenis, sisanya dengan sesama jenis tentunya. Ayo coba kita main tebak2an siapa yang pernah sekarang..

Gue tau apa yang ada dibenak lu kalau ngomongin seks dih apaan sih jijik ngomongin begituan belum waktunya tau bullshit. Orang Indonesia itu munafik ya. Sohk-sohk mengecam seks padahal kalau udah ngelakuin ketagihan. Ya paling engga dikasih maulah. Contohnya. Tau goyan dribel kn? Orang Indonesia munafik pada mengecam. Kalau gue sih suka. Memperlancar aliran darah di leher.

Orang-orang selalu bilang hey wanita tutuplah aurat mu itu salah. Harusnya ke laki-laki hey lelaki. Jaga burung mu dengan baik. Bener kan? Yang ngelakuin pemerkosaan emang kata lu perempuan? Laki-laki coy. Lu tau engga pemerkosaan tertinggi dimana? Di Timur Tengah. Keliatan cuman dimata. Nafsu juga kagak gue. Ini kalau ada yang yang pake bikini doang didepan gue juga gabakal gue perkosa. Tenang ada udah terlatih ini punya gue. Pas dia liat biasa aja sob. Woles aja.

Tapi emang bener, pemerkosaan masih menjadi masalah serius di beberapa negara. Contoh deh. Pernah denger kasus Ariel waktu tahun 2010? Gue setuju Ariel dipenjara bukan karena dia berhubungan seks. Gue setuju dia dipenjara juga bukan karena dia vidioin. Tapi karena melalui proses persidangan terbukti dia nunjukin vidio itu ketemennya. Sekarang gini deh, waktu dia berhubungan dengan cewenya, setuju ga sama cewenya? Setuju doang. Waktu dia vidioin? Setuju pasti. Tapi waktu si Ariel nunjukin vidio itu ketemennya, setuju ga sama cewenya? Engga. Ariel mengkhianati kepercayaan yang udah dikasih dari cewenya itu. Ariel ini terkenal banget. Gue yakin kalau gaada hukuman tegas ke dia, bakalan ada banyak orang yang mamerin foto dia pernah ciuman atau telanjang sama pacarnya. Kalau suatu  kejahatan yang tidak di hukum dengan tegas, dia akan mengulangi lagi atau orang lain bakal ikut-ikutan. Gini deh, kalau pemerkosaan Cuma dihukum dengan denda 100 juta lu tau jadinya apa? Laki-laki jadi rajin nabung. Diajakin temennya “sob nongkrong yu” “duh gabisa nih gue lagi nabung” “nabung buat apaan?” “merkosa orang”

Komentar

Postingan Populer